Monday, January 19, 2015

Dolar Australia Berusaha Bangkit

Financeroll – Pergerakan dolar Australia sempat melemah untuk hari kedua seiring keluar pernyataan dari BlackRock Inc bahwa pergerakan dolar Australia akan melemah hingga mencapai 15% pada 2015 ini.


Melemahnya dolar Australia juga dipengaruhi oleh menurunnya harga-harga ekspor komoditi nasional Australia selain aksi investor yang kurang bergairah menjelang dirilisnya beberapa data ekonomi Tiongkok.


Sedangkan pergerakan euro sedikit melemah di tengah-tengah timbulnya spekulasi bahwa akan adanya tambahan program stimulus yang digelontorkan oleh European Central Bank ketika policy meeting berlangsung.


Kami berpendapat bahwa pergerakan dolar Australia selanjutnya berpotensi bearish terbatas akibat sebagian investor sepertinya terpengaruh dengan komentar yang dikeluarkan oleh BlackRock Inc.


Faktor yang bisa menahan pelemahan dolar Australia adalah dirilisnya sejumlah data ekonomi Tiongkok yang telah dirilis seperti data GDP yang hasilnya meningkat menjadi 7,3% dan data industrial production yang hasilnya meningkat menjadi 7,9%.


Demikian pula dengan data fixed asset investment yang hasilnya menurun menjadi 15,7% serta data retail sales yang hasilnya meningkat menjadi 11,9% meskipun kedua data ini kurang mempengaruhi pergerakan yuan.


Pelaku pasar tampaknya masih optimis dengan pergerakan dolar Australia seiring langkah pemerintah yang berusaha mempertahankan ekonomi negeri kanguru ini agar tetap bertahan dari ancaman resesi.

(HP-FR)



Dolar Australia Berusaha Bangkit

No comments:

Post a Comment