Tuesday, January 20, 2015

Dolar Menggeliat Lagi

Financeroll – Pergerakan dolar Amerika menguat mendekati level tertinggi dalam 10-tahun didukung oleh faktor fundamental di dalam negeri dalam suasana menjelang kenaikkan tingkat suku bunga bank sentral.


Euro tampak sedikit melemah meskipun telah dirilis data ZEW index of economic jerman yang hasilnya meningkat 48.4 dimana hasil tersebut berada diatas perkiraan ekonom sebelumnya yang hanya 40.0.


Dengan adanya hasil data ZEW survey tersebut maka menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman sebagai negara ekonomi terbesar di Eropa sedang menggeliat lagi di 2015 ini dan dapat memicu bank sentral Eropa menjalankan program quantitative easing.


Kami berpendapat bahwa pergerakan dolar Amerika selanjutnya berpotensi menguat terbatas didukung oleh hasil International Monetary Fund yang menaikkan forecast pertumbuhan ekonomi 2015 Amerika menjadi 3,6%.


Penguatan dolar Amerika juga disokong oleh data building permits yang hasilnya diperkirakan meningkat 1.06M dan data housing starts yang hasilnya diperkirakan juga meningkat 1.04M.


Sedangkan poundsterling diperkirakan akan menguat terbatas dibantu oleh data average earnings index 3m/y yang hasilnya diperkirakan meningkat 1,7% meskipun data unemployment rate hasilnya diperkirakan menurun 5,9%.


Yen diperkirakan akan menguat dipicu oleh data all industries activity m/m yang hasilnya diperkirakan meningkat 0,1% serta adanya pernyataan yang akan diumumkan Bank of Japan dalam monetary policy statement terkait kebijakan perluasan monetary easing.

(HP-FR)



Dolar Menggeliat Lagi

No comments:

Post a Comment