Tuesday, January 20, 2015

Efek SNB Masih Dukung Emas, Minyak Mentah Turun Dihantui Pertumbuhan Ekonomi Global

Financeroll – Pergerakan yang cukup besar terjadi pada perdagangan emas yang masih bergerak naik dalam tujuh hari berturut-turut. Emas untuk pengiriman Februari ditutup naik $17,30, atau 1,4%, pada $1,294.20 per ounce, pada New York Mercantile Exchange, penutupan tertinggi harga emas sejak 19 Agustus. Rally selama tujuh hari ini telah mengakibatkan kenaikan 7,1% pada harga emas. Pada bulan ini, emas telah naik 9,3%. Emas naik setelah Swiss National Bank (SNB) pekan lalu memicu gejolak di pasar mata uang dan investor masih tetap menunggu sebuah pertemuan minggu ini dari Bank Sentral Eropa.


Dari pernyataan SNB terlihat ada kekhawatiran mengenai perkembangan ekonomi global. Hal ini lah yang direspon positif oleh para pelaku perdagangan emas yang pada awalnya sempat beralih untuk membeli dolar namun setelah melihat ada indikasi melambatnya pertumbuhan ekonomi global berbalik memburu aset safe-haven ini.


Di sisi lain euro tetap berada di bawah tekanan di tengah ekspektasi yang semakin meningkat bahwa ECB akan memulai program pelonggaran kuantitatif pada hari Kamis besok, dalam upaya untuk mencegah ancaman deflasi di kawasan euro. Ketidakpastian atas hasil dari pemilu Yunani, yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, dengan partai anti-bailout Syriza terkemuka di jajak pendapat juga lebih mendorong permintaan untuk aset safe-haven.


Masih dengan isu yang sama, harga minyak mentah kembali tertekan di sesi Selasa. Minyak mentah berjangka untuk pengiriman Februari  turun $2,30, atau 4,7%, menjadi berakhir pada $46,39 per barel. Di London, Brent untuk pengirman Maret, juga menyerah pada tekanan jual, jatuh 85 sen, atau 1,7%, berakhir di $47,99 per barel. Pertumbuhan ekonomi global yang melambat bisa menekan permintaan terhadap komoditas strategis ini.


Hari ini para pelaku perdagangan masih akan tetap memantau semua berita dan data yang terkait dengan isu utama di atas. Dari jadwal, data ekonomi yang cukup penting untuk diawasi hari ini adalah Claimant Count dari Inggris dan Building Permits dari Amerika Serikat. Trend yang saat ini terjadi pada bursa komoditas untuk hari ini masih mungkin untuk berlanjut.



Efek SNB Masih Dukung Emas, Minyak Mentah Turun Dihantui Pertumbuhan Ekonomi Global

No comments:

Post a Comment