Monday, January 19, 2015

Perdagangan AS Libur, Euro Masih Menguat Terhadap Greenback

Financeroll – Pergerakan valuta asing di hari Senin(19/1), euro masih terpantau menguat terhadap dolar AS ketika perdagangan Amerika tengah menjalani libur dalam memperingati hari Martin Luther King.


Berlangsungnya perdagangan di sesi Eropa, EURUSD menguat 0.39% di level 1.1612 dimana pasangan ini terpantau bergerak menyentuh level 1.1552 untuk sesi terendah harian dan level 1.1628 untuk sesi tertinggi harian.


Euro terlihat masih mendominasi untuk alami penguatan terhadap dolar AS dengan merangkak naik setelah terjadinya penyempitan pada surplus transaksi berjalan di zona euro. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Bank Sentral Eropa menyatakan bahwa surplus transaksi berjalan di wilayah zona euro mengalami penyempitan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 18.1B di bulan November, dari 19.5B di bulan Oktober.


Sementara itu, pada pekan ini perhatian pasar juga tengah berfokus kepada sebuah laporan ekonomi Eropa. Memuncaknya perkiraan bahwa Bank Sentral Eropa akan segera menjalankan pelonggaran kuantitatif di zona euro telah berhasil menjadi pusat perhatian pasar, yang mana hal tersebut secepatnya akan diumumkan pada pertemuan kebijakan selanjutnya tanggal 22 Januari mendatang.


Dalam putusan sementara pada 14 Januari lalu, Pengadilan Eropa tampaknya telah menyetujui langkah kebijakan tersebut, menurut mereka Bank Sentral Eropa telah bebas dalam melanjutkan program pembelian obligasi tanpa tantangan hukum.



Perdagangan AS Libur, Euro Masih Menguat Terhadap Greenback

No comments:

Post a Comment