Tuesday, December 30, 2014

2014, IPO dan Penawaran Obligasi di Pasar Modal Melambat

Financeroll – Sepanjang  tahun 2014,  jumlah penawaran umum perdana saham (IPO) dan surat utang atau obligasi mengalami penurunan pada 2014.  Kondisi  ini disebabkan pasar modal Indonesia  terpengaruh dinamika politik  domestik dan perekonomian global.   Demikian disampaikan  Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida saat penutupan pasar modal tahun 2014 di Jakarta, Selasa (30/12).


Merujuk pada data OJK, terdapat 19 perusahaan yang sudah mendapatkan pernyataan efektif penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) tahun ini, turun sekitar 34,48% dari 29 perusahaan sepanjang 2013. Penawaran saham perdana itu setara dengan nilai emisi Rp 8,26 triliun tahun ini, turun 48,18% dari nilai emisi saham baru 2013 senilai Rp15,94 triliun.


Menurut  Nurhaida, sejumlah 19 perusahaan tersebut sudah cukup baik mengingat kondisi 2014 yang dipenuhi dinamika politik dan perlambatan ekonomi global, sehingga salah satu opsi yang diambil calon emiten dengan menunda penerbitan surat berharga dari rencana awal tahun ini menjadi tahun depan.


Sebagaimana diketahui, pada tahun 2014, banyak dinamika politik dan ekonomi yang mempengaruhi keputusan perusahaan. Ada yang menganggap lebih baik di 2015.  Tahun 2014,  Indonesia mengalami pergantian kepemimpinan presiden dan parlemen, kenaikan harga BBM bersubsidi, dan pelemahan nilai tukar rupiah. Dari sisi internasional, terjadi krisis di Eropa Timur antara Ukraina dan Rusia, Revolusi di Hong Kong, dan perbaikan ekonomi di AS terkait kenaikan suku bunga The Fed.


Di sisi lain, tambah Nurhaida,  OJK sebagai regulator terus melakukan upaya untuk pengembangan pasar modal. Dengan berkembangnya pasar modal, maka emiten dan investor akan bertambah serta akan membuat pasar modal tumbuh lebih baik yang dapat dicerminkan oleh pertumbuhan indeks serta kapitalisasi pasarnya.  Otoritas juga terus membuka akses yang lebih terbuka dan mudah ke pasar modal bagi investor baru, yang tentunya akan menjadikan pasar modal menjadi lebih likuid.  [geng]



2014, IPO dan Penawaran Obligasi di Pasar Modal Melambat

No comments:

Post a Comment