Saturday, November 29, 2014

Sepekan Terakhir, Rupiah Melemah 31 Poin

Financeroll – Sepanjang pekan terakhir, nilai tukar rupiah kalah terhadap dolar AS. Salah satu pemicunya adalah isu Bank Indonesia (BI) mengakumulasi dolar AS yang sedang rendah.  Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) yang dilansir  BI  dalam sepekan terakhir, nilai tukar rupiah melemah 35 poin (0,28%) ke posisi 12.196 per 28 November 2014, dibandingkan akhir pekan sebelumnya di angka 12.161 pada 21 November.


Masih berlanjutnya pelemahan pada laju yen dan yuan setelah masing-masing bank sentralnya mengeluarkan kebijakan, tidak membuat laju rupiah ikut melemah di awal pekan.  Tampaknya pelemahan tersebut dapat diimbangi dengan sikap pelaku pasar yang masih merespons positif kebijakan kenaikan suku bunga BI rate untuk antisipasi kenaikan inflasi dan pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).


Berbalik menguatnya Yen setelah mengalami pelemahan dalam beberapa hari terakhir dimanfaatkan untuk beralih ke yen.  Akibatnya rupiah ikut terkena aksi jualnya dan berbalik melemah,  Selain itu, adanya penilaian bahwa BI sedang memanfaatkan rendahnya Dolar AS untuk akumulasi memberikan sentiment positif bagi dolar AS.  Kurs Rupiah pun sedikit melemah terimbas kondisi tersebut.


Laju Rupiah, mampu berbalik menguat sejalan dengan berbalik menguatnya euro setelah dirilisnya penilaian Jerman yang selamat dari resesi.  Adanya optimisme ekspor dari negara-negara industri Euro terutama negara-negara besar seperti Jerman, Perancis, dan beberapa lainnya yang akan mengalami peningkatan dengan melemahnya Euro sebelumnya juga menambah sentimen positif.


Di lain hari, kurs  Rupiah tampaknya tidak kuat dengan aksi jual sehingga cenderung bergerak melemah.  Tampaknya sentimen yang ada kurang dapat memberikan konfirmasi penguatan lanjutan.  Melemahnya Yuan seiring langkah pemerintah yang akan melonggarkan ekonominya turut berimbas pada penurunan rupiah.  Hingga akhir pekan, laju rupiah masih cenderung melemah.  [geng]



Sepekan Terakhir, Rupiah Melemah 31 Poin

No comments:

Post a Comment